Senin, 14 Juni 2010

Bakso Malang Enggal

Jika Anda berkunjung ke kota Bandung, jangan lupa untuk mampir ke Jalan Burangrang. Daerah ini memang bukan kawasan wisata belanja, tetapi sangat cocok untuk berwisata kuliner. Di sepanjang ruas jalan ini memang banyak terdapat tempat makan yang dijamin enak dan asyik. Untuk menuju ke sana, Anda bisa masuk dari Jalan Gatot Subroto, tepatnya dari pertigaan yang ada tank bajanya (sekitar 500 meter dari simpang lima).


Salah satu tempat makan di kawasan itu yang wajib dikunjungi adalah Bakso Malang Enggal, tepatnya berlokasi di Jalan Burangrang No. 12. Tempat ini hanya berjarak 200 merer dari tank baja. Restoran yang cukup besar dan bagus ini konon awalnya hanya warung tenda yang mangkal di pimggir jalan di depan lokasinya sekarang.

Begitu masuk, Anda akan langsung dihadapkan pada meja panjang. Di atasnya berjejer mangkuk kosong, bawang goreng, cacahan seledri, macam-macam penganan khas bakso malang, dan tentu saja kuah. Untuk makanan basah tersedia bakso besar urat, bakso besar halus, bakso kecil, siomay rebus dan tahu isi bakso. Sementara itu, untuk keringannya ada siomay goreng, bakso goreng dan kresol. Semuanya tampak menggoda.

Rupanya, restoran ini menganut paham ‘swalayan’, atau lebih tepatnya ‘prasmanan’. Jadi Anda bisa sesuka hati memilih dan mengambil sendiri isi mangkuk Anda. Setelah puas memilih, makanan yang Anda ambil akan dihitung oleh seorang pegawai di ujung antrian dan Anda bisa langsung membayarnya di kasir. Selanjutnya, Anda tinggal mencari tempat duduk dan bakso yang sudah ditambah kuah akan diantar ke meja tempat Anda duduk.

Bagi Anda yang tidak mau repot antri, Anda tidak perlu kuatir. Anda bisa memesan menu paket, tinggal duduk, makanan akan langsung diantar ke meja. Di sini tersedia 4 macam menu paket yang bisa dipilih. Di antara keempatnya, Paket A paling lengkap. Semua jenis makanan (8 jenis) plus teh botol ada di paket ini.

Setelah menambah kecap dan saus yang tersedia di meja, saatnya Anda menyantapnya. Tak hanya tampak menggoda, rasanya memang benar-benar nikmat. Bakso gorengnya sangat gurih, citarasa ikan pada siomaynya juga sangat terasa. Semangkuk bakso dengan kuah yang panas, bening dan segar, memang sangat cocok untuk udara kota Bandung yang lumayan dingin.

Soal harga, Bakso Malang Enggal ternyata sangat bersahabat dengan kantong. Harga setiap jenis makanan rata-rata Rp800, kecuali bakso besar yang harganya Rp1.350 per butir dan siomay Rp1.600 per buah. Kalau memesan menu paket, Anda bahkan bisa lebih berhemat. Untuk seporsi menu paket A yang paling lengkap sekali pun, Anda hanya perlu mengeluarkan kocek Rp8.000 saja. Itu sudah termasuk teh botol. Harga yang sangat membumi bukan?

Selain baksonya enak, restoran yang buka pukul 09.00 – 22.00 ini memang cukup besar dan nyaman. Kapasitas tempat duduknya cukup untuk menampung kurang lebih 100 orang. Bagi Anda yang peduli dengan kebersihan, dijamin tidak akan dikecewakan di sini. Selain itu, salah satu dinding luar dibiarkan setengah terbuka sehingga Anda bisa menikmati hangatnya bakso ditingkahi sejuknya udara kota Bandung.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar